Sabtu, 13 Maret 2010

BELAJAR DAN PEMBELAJARAN

TUGAS
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN


disusun oleh :
SAMSUDIN
KELAS : 2 A / III
NIM : 08511024

JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
STKIP GARUT
2010








PERMASALAHAN KLASIK DALAM SUASANA
BELAJAR DAN PEMBELAJARAN DI KELAS

Setiap permasalahan belajar dan pembelajaran di kelas selalu tidak lepas dari fasilitator pendidikan yaitu guru sebagai pihak pengajar

Guru mempunyai posisi dan peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan, karena guru adalah sebagai pelaksana sistem pendidikan yang di buat oleh pemerintah. Selain itu, guru juga adalah sebagai ujung tombak dan tolak ukur yang menentukan tingkat keberhasilan anak didik / siswa. Di satu sisi guru harus menjalankan program pendidikan pemerintah dan di sisi lain guru harus bisa mensukseskan anak didiknya.

Permasalahan
Yang sering menjadi permasalahan guru di sini adalah bahwa banyak sekali guru-guru yang mengajar di sekolah-sekolah tanpa mengetahui bagaimana cara mengajar yang sebenarnya ?. Banyak sekali guru-guru yang sudah mengajar, tetapi mereka belum menyelesaikan sekolah keguruan mereka di perguruan tinggi. Bahkan ada juga yang sama sekali tidak melewati sekolah keguruan dulu. Contohnya yang lulusan dari SMA langsung bisa mengajar . Sehingga ilmu untuk mengajar seperti ilmu belajar dan pembelajaran, strategi belajar mengajar,mengetahui bagaimana peserta didik, cara-cara penyusunan silabus dan RPP, dan ilmu pengajaran lainnya masih belum paham secara maksimal. Maka dari itu kerap kali terdapat permasalahan anak didik yang sering sekali mendapat permasalahan belajarnya, baik itu ketidakpahaman materi mata pelajaran, tidak tahu konsep penyelesaian soal-soal, siswa jenuh dengan salah satu mata pelajaran, maupun tidak tahu bagaimana cara belajar yang baik bagi siswa.
Intinya permasalahan guru tersebut adalah hanya mempunyai keinginan mengajar karena tujuan tertentu saja dan mengajar tidak menggunakan konsep mengajar yang seharusnya.
Adapun cara atau langkah-langkah yang harus ditempuh oleh pengajar untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan diatas adalah:
1. Guru harus mengetahui dan paham betul tentang sistem pendidikan yang berlaku di sekolah dan nasional.
2. Guru harus mengetahui dan paham betul tentang materi mata pelajaran yang diajarkannya.
3. Guru harus bisa menguasai dan mengendalikan kelas ketika suasana belajar berlangsung.
4. Guru harus mengetahui betul terhadap karakter dan permasalah murid di kelas.
5. Tidak membuat jenuh murid ketika suasana pembelajaran berlangsung.
6. Terapkanlah konsep mengajar yang disukai siswa tetapi pelajaran yang disampaikan tetap sampai tepat sasaran.
7. Guru harus menjadi model dan teladan yang terbaik bagi anak didiknya, baik dalam ilmu maupun kepribadiannya.

Langkah-langkah penyelesaian diatas adalah sebagian dari banyaknya cara-cara penyelesaian permasalahan kelas, namun mudah-mudahan dapat membantu dalam pendidikan sehingga pendidikan di Indonesia semakin lebih maju dan terarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar